Minggu, 25 November 2012

James Cook




Kapten James Cook, seorang penjelajah Inggris, navigator, kartografer, dan kapten di Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Cook membuat peta rinci dari Newfoundland sebelum membuat tiga perjalanan ke Samudra Pasifik, di mana ia mencapai kontak Eropa pertama dengan garis pantai timur Australia dan Kepulauan Hawaii, dan dia adalah circumnavigation pertama dari Selandia Baru.

Cook bergabung dengan angkatan laut pedagang Inggris saat remaja dan bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan pada tahun 1755. Dia melihat aksi dalam Seven Years War, dan kemudian disurvei dan dipetakan banyak pintu masuk ke Saint Lawrence River selama pengepungan Quebec. Hal ini membantu Cook masuk ke Admiralty dan Royal Society. Pemberitahuan ini datang pada saat yang penting dalam karir Cook dan arah eksplorasi luar negeri Inggris, dan menyebabkan komisinya pada 1766 sebagai komandan HM Bark Endeavour untuk pertama dari tiga perjalanan Pacific.

Dalam tiga perjalanan, Cook berlayar ribuan mil di seluruh wilayah sebagian besar yang belum pernah dipetakan. Dia memetakan dunia dari Selandia Baru sampai ke Hawaii di Samudra Pasifik secara lebih rinci dan pada skala yang sebelumnya tidak tercapai. Saat ia berkembang pada perjalanan nya penemuan yang disurvei dan diberi nama fitur, dan mencatat pulau dan garis pantai pada peta Eropa untuk pertama kalinya. Dia menunjukkan sebuah kombinasi dari ilmu pelayaran, survei unggul dan keterampilan kartografi, keberanian fisik dan kemampuan untuk memimpin orang dalam kondisi buruk.
Cook tewas di Hawaii dalam pertempuran dengan Hawaii selama perjalanan ketiga eksplorasi di Pasifik pada tahun 1779. Dia meninggalkan warisan pengetahuan ilmiah dan geografis yang mempengaruhi para penerusnya sampai ke abad ke-20 dan banyak kenangan di seluruh dunia telah didedikasikan kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar